Minggu, 05 April 2015

SARAN SPEK PC BUAT GAMING

Kali ini gua mau sharing bagaimana spec pc yang baik sesuai badget. Kebanyakan orang punya badget tinggi dan ingin ngerakit pc, cuma karena kurang mengerti akhirnya hasil rakitannya sama dengan rakitan pc berbadget rendah dalam performa. Maka dari itu kali ini gua bakal ngesharing bagaimana ngerakit pc yang baik. Sebelumnya gua mau terima kasih ke abang Yongki dari Yongkidotcom di FJB Store kaskus, karena beliau yang udah ngajarin ane banyak pas ane mau rakit PC di si abang.  Oke langsung kita mulai aja (spec di bawah belum termasuk monitor, keyboard dan mouse).

AMD atau Intel ?

Antara kedua saingan besar ini memang sering diperdebatkan. Banyak yang bilang AMD cepet panas dan intel dalam harga dan performa tidak sebanding. Sebenarnya masing-masing memang punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Bila dibandingkan dengan harga, AMD lebih unggul dibandingkan intel karena dengan harga yang sama, anda mungkin bisa membeli Intel Core i3 tetapi bisa mendapatkan AMD dengan performa i5. Dan masalah AMD cepat panas itu salah besar. Mungkin di seri yang lama seperti itu, tapi sekarang kata tersebut udah gak tepat buat AMD. Sebenernya yang bikin panas itu salah penggunanya. AMD memberikan fitur overclock yang mana membebaskan user untuk berexplorasi dengan kemampuan processornya yang mana ini tidak bisa atau sulit diterapkan di intel. Tapi terkadang user tidak sadar kalau mereka meng-overclock, automatis mereka harus mengimprovisasi kipas nya juga untuk memadai tingkat panas processor setelah overclock. Kelemahan AMD yaitu tidak stabil. Berdasarkan pengalaman, gua pernah menggunakan laptop kantor bokap dengan spec gaming i7. Dalam gaming intel lebih stabil, kalo bisa ya bisa dan kalo gak ya gak. Intel bertahan di FPS, kalo misalnya average fps nya 45, ya dalam gameplay gak akan jauh dari segitu. Ruginya kalo average fps nya 11 dan baik di tempat yang butuh render berat sampai tempat dalam map yang ringan, fps nya hanya akan di 11 itu. kalau AMD dia berdasarkan kemampuan, misal dalam sebuah game tedapat daerah pedesaan yang ringan dan kota besar yang membutuhkan kerja keras komputer, FPS akan menyesuaikan bagaimana kemampuan komputer di masing masing daerah tersebut. Kalau di kota besar anggap mendapatkan 30, mungkin di pedesaan akan mencapai 45-60. Dan bandingan performa intel i7 series tertinggi dengan Amd FX series tertinggi, intel mendapatkan performa yang lebih tinggi ya walaupun harga antara keduanya cukup signifikan. Jadi intinya terserah anda mau memilih intel atau amd, tapi disarankan kalau memiliki budget rendah lebih baik memilih AMD sebagai processor.




Budget 2-3 juta/PC Warnet

Untuk badget seperti ini disarankan jangan menggunakan intel dalam processor. Mengapa? Disini gua bukan ngebela AMD tapi kalo untuk low budget lebih baik pakai amd karena dengan harga processor yang sama AMD dapat mengalahkan Intel. Spec dibawah masih ngangkat game game semacem prototype, gta dan kawan kawan, tapi kalau udah watch dogs ke atas udah gak mampu, seandainya bisa itu juga pasti udah maksa banget. Dan untuk pemberian RAM bisa sekitar 2-4GB. VGA gunakan yang 1-2gb ddr3 dari nvidia atau ati. Berikut contoh spesifikasi nya :

-Procie A4 6300 Richland dualcore 1MB Cache
-2GB/4GB RAM 1333Mhz
-VGA On Board HD8370Radeon DX11 (gak seperti on board kacangan)
-Mobo A58FM2+
-HDD 500GB

Budget 3-5 juta

Untuk budget segini terserah mau pake AMD atau Intel, karena di budget segini udah gak terlalu ngaruh mau pake AMD atau Intel. Berikut contoh spec intel dan AMD (diambil dari FJB yongkidotcom) :

Intel
-intel Core i3 2120 series
-4GB RAM 1600Mhz
-VGA Nvidia 2GB DDR3
-HDD 500GB

AMD
-AMD A8-7600 (onboard VGA)
-8GB RAM 2133Mhz
-VGA R7 2GB DDR3 (onboard VGA)

Budget 5-10juta

Budget segini kalo intel pake i5 dan kalo AMD pake FX6300/Kaveri A10 7850k. RAM pake 8GB, VGA Ati Radeon R7 260x 2GB DDR5/GTX 750 2GB DDR5. Case Gaming Dazumba Dvito/Cooler Master.



Budget 10 juta >

Kalo udh segini pake intel core i7 4790k/AMD FX9590. RAM 16GB DDR3. VGA Nvidia 760 4GB DDR5/Ati Radeon R9 290 4GB DDR5. Case Gaming Cooler Master.

CMIIW ye.
Selengkapnya di situs ini kalo mau PC seller terpercaya...

http://www.kaskus.co.id/thread/52ff9c985dcb172a08000113/amd-kaveri--fx--pc-rakitan--harga-kaskus


0 komentar:

Posting Komentar