Rabu, 18 Maret 2015

NgeRacau: PERANG FANBOY

ugust 12, 2014   �  
PS4WiiUXboxOne
�Ahh.. PC paling lah yang paling keren, konsol mah sampah!�, �Apaan tuh Playstation 4, basi, mending main Xbox One kemana-mana dah!�, berapa banyak dari agan yang sering banget dengerin kalimat ini keluar, atau at least ngebaca di forum atau Facebook. Orang-orang yang kayak gini biasanya sering banget disebut sebagai �Bocah Kipas� atau bahasa kerennya � Fanboy. Semangat fanboy sebenarnya enggak beda sama pejuang Kemerdekaan 1945, sama bergelora, membakar, penuh semangat tinggi buat bela-belaiin produk yang dia suka. Bedanya? Kalau pengorbanan jiwa dan raga pejuang masih ada hasilnya, yang bikin Gw bisa nulis ini dan agan bisa ngebaca, semua kerja keras fanboy sebenarnya gak pernah berakhir manis. Yang ada cuman selain buang-buang waktu, tenang, dan pikiran, buat ngebelaiin sesuatu yang bahkan gak nyempetin diri buat merhatiin. Kalau disimpulin ke percakapan, hasilnya mungkin kayak gini:

  • Fanboy: Hey A, gua cinta mampus sama lu. Gua tuh udah bela-belaiin lu mati-matian di semua forum yang ada, ngebantai semua orang yang suka B dan akhirnya, gua berhasil!�
  • A: Mmmmmm�. lu siapa?
Tapi kalau memang harus jujur, fanboy itu memang lebih soal hati daripada otak. Mungkin itu jugalah yang jadi sumber masalah, karena banyak yang lebih milih pakai hati sampai lupa kalau dia juga punya otak untuk mencerna, sebelum bertindak. Hasilnya udah kayak bala tentara gila yang enggak segan buat ngelakuin apapun buat ngebela sebuah produk, bahkan sekecil apapun. Dari komentar-komentar nyebelin, sampai komentar yang justru mengundang iba sembari bertanya dalam hati kecil, �Ini anak salah makan apa sampai begini?�. Banyak orang yang bahkan ngerasa dirinya bukan fanboy, tapi nyatanya memang fanboy. Yang terjadi di sini cuman sekedar denial. Parahnya lagi? Kalau tindak tanduknya udah mirip stalker creepy cewek atau cowok yang senengnya ngelihatin dari jauh hal-hal yang dia puja, dan gak segan buat ngelukain siapapun yang berusaha deketin atau sekedar menghina. Ekstrim? Percaya atau enggak, rada-rada mirip.

Gak Punya Akal Sehat

Platform gua udah yang paling bener, platform lu sampah..
Platform gua udah yang paling bener, platform lu sampah..
Salah satu ciri yang paling kental dari fanboy emang keluar dari fakta kalau sebagian besar komentar yang ia lemparin biasanya udah kagak bisa diterima dengan akal sehat, mau direnungin dan dicerna pakai cara apapun juga. Udah bukan lagi soal bertukar pendapat atau fakta, tapi lebih ke intensi buat ngelindungin produk yang dia cintaiin, bagaimana pun caranya, bahkan terkesan gila. Yang lebih keren? Baik fanboy konsol maupun PC selalu punya satu atau dua pernyataan standar setiap kali satu topik mengemuka. Jawaban standar yang jauh lebih lucu buat disimak.

�Ah.. Game kan dibuatnya juga pakai PC!�

Ya iyalah make komputer, mosok pake sempoa?
Ya iyalah make komputer, mosok pake sempoa?
Orang yang punya akal sehat juga tahu kalau video game memang dibuat pakai komputer, dan bukannya kalkulator atau sempoa, atau sekedar bertapa dan beres. Dasar dari pernyataan ini sebenarnya pengen nunjukin, kalau misalnya game memang dibuat dari komputer, udah jadi sesuatu yang normal untuk berharap ia dirilis buat PC. Semua orang yang ngucapin ini pernyataan biasanya terlalu naif buat menyadari kalau rilis platform juga ditentuin oleh strategi bisnis masing-masing developer dan publisher, dan tentu saja deal-deal yang mungkin berjalan di belakang layar. Lagipula, logika ini sepenuhnya cacat. Semua orang juga tahu kalau ayam goreng dibuat dengan panci, tapi bukan berarti ayam goreng harus dinikmatin di atas panci.

�PC is the Best!�

Mastahrais!
Mastahrais!
Salah satu komentar yang paling sering keluar juga adalah �PC is the best!�, padahal komentarnya sendiri enggak berhubungan sama sekali dengan artikel atau pernyataan lain yang lagi dibaca. Misalnya? Ketika kita ngobrolin soal gimana kerennya Fox Engine di MGS V: Phantom Pain PS 4 misalnya. Enggak heran jika tiba-tiba ada satu atau dua gamer yang ngerasa harus neriakin �PC is the Best!�, terlepas dari fakta: (1) Ini game belum pasti dirilis di PC. (2). Kita enggak ngebahas soal PC. Kalau di dunia nyata, bakal kelihatan jelas kalau pernyataan kayak ini beneran kagak nyambung sama sekali.
  • A: Hari ini makan bakso, enak nih!
  • B: Yoa.. mau makan di mana?
  • A: Mang Ujang kalik. Setuju?
  • C: PC is the best!!!
Merasa harus secara terus-menerus meneriakkan soal keunggulan PC justru ngasih tanda yang lebih kentara kalau sang komentator merasa enggak aman dan nyaman, kalau harus nemuin fakta bahwa game-game yang dirilis di konsol, punya kemampuan buat tampil lebih baik daripada PC yang dia miliki. Apalagi kalau yang kita bahas udah soal game-game eksklusif konsol yang kemungkinan besar enggak keluar di PC.

�PC lah.. Kan bisa buat ngerjaiin tugas dan ngetik�

Ha! Ha! Ha!
Ha! Ha! Ha!
Ini juga salah satu alasan klasik yang sering banget dilemparin fanboy PC kalau udah nyebutin keunggulan PC daripada konsol, terlepas dari fakta kalau yang kita omongin semata-mata soal kemampuan gaming yang ditawarin. Ada orang yang ngerasa bahwa kemampuan untuk mengerjakan tugas, untuk alasan yang tidak jelas, kerasa relevan. Padahal jelas-jelas, semua orang yang beli konsol, tahu jelas bahwa ini barang memang enggak bisa dipakai buat mengetik dan memang enggak mencari nilai jual itu. Berapa banyak gamer konsol yang agan temuin ngeluh, �Dang.. seharusnya gua gak beli PS 4.. PS 4 enggak bisa buat makalah, man!�. Oh c�mon.. Semua orang yang beli konsol juga tahu kalau yang mereka butuhin bukan sebuah platform yang bisa dipakai buat ngerjain tugas.
Lagian kemampuan untuk mengetik, ngerjain tugas, dan semua tetek bengeknya sama sekali enggak ada hubungannya sama seberapa baik platform dipakai buat main game. Jadi kalau ada pertanyaan, �Gua mesti main game ini di PC atau konsol, yak? Ada ide?�, dan ada orang yang menjawab. �PC lah.. kan bisa buat ngerjaiin tugas dan ngetik..�. Lu boleh ketawa habis-habisan.

�Playstation 4 udah paling bener!�, �Xbox One tuh dewa!�

xbox one ps 4
Golongan para bocah kipas (yang makin lama makin kedengeran kayak nama Partai di film silat) juga sering banget muncul di omongan soal konsol, apalagi kalau udah masalah PS 4 ngelawan Xbox One, misalnya. Setiap kali ada artikel yang memperlihatkan citra salah satu ke arah yang lebih negatif, biasanya fanboy akan datang membela, bahkan gak segan-segan bawa mental militan di situ. Mau ngomongin fakta seperti apapun, mentalnya cuman satu, �Konsol pilihan gua udah yang paling benar, yang lain sampah..�. Parahnya lagi, kalau mereka udah secara aktif nyariin informasi soal kompetitor, dan berusaha munculin reaksi lewat kalimat-kalimat provokatif, yang sayangnya, gampang banget dapat respon dan micu keributan.
Lantas, dimana cacatnya logika ini? Karena sebagian besar fanboy yang menyerang konsol kompetitor sebenarnya enggak pernah nyicipin konsol yang ia serang. Fanboy Xbox One yang terus ngeremehin Playstation 4 enggak pernah nyobaiin PS 4 dan ngerasaiin pesonanya, membuat semua kritik yang dilemparin jadi enggak valid dan terasa membabi buta. Begitu juga sebaliknya, gamer PS 4 yang terus ngekritik masalah resolusi Xbox One, misalnya, enggak pernah bisa ngebandingin apakah 792p atau 900p memang ngaruh ke pengalaman bermain. Ujung-ujungnya? Yang lu temuin adalah debat kusir tanpa dasar. Seperti bertemu dengan dua orang di perjalanan yang berdebat keras soal makanan yang paling enak � Nasi Padang atau Ketoprak, yang masing-masing memilih salah satu makanan tersebut. Tapi ketika ditanya apakah mereka sudah mencoba keduanya? Jawabannya, �Belum�.

�Nintendo Tuh Buat Anak-Anak�

mario
Gamer konsol dan PC memang sering berantem gara-gara masalah sepele yang enggak signifikan pengaruhnya sama sekali.  Namun waktu obrolan udah mengarah ke nama klasik � Nintendo, gamer yang muja visual PS 4, Xbox One, dan PC biasanya ngarah ke satu kesimpulan � Nintendo itu buat anak-anak doank. Alasan dari kesimpulan ini? Paling sederhana, karena sebagian besari dari mereka belum pernah nyobaiin platform ini sendiri, belum pernah ngerasaiin susahnya main Mario 3D World, atau susahnya menangin juara pertama di Mario Kart 8. Semua kesimpulan diambil dari sekedar gaya visual doank, tanpa memandang gameplay. Tuduhan kalau Nintendo enggak kreatif dan cuman ngejual game yang sama berulang-ulang juga akan langsung dibuktikan keliru, begitu mereka mencoba game tersebut secara langsung. Seperti point sebelumnya, tuduhan tanpa argumen ini mulai berubah menjadi debat kusir. Kalau dibandingin sama percakapan lain, logikanya enggak beda sama:
  • A: �The Dark Knight tuh film anak-anak�
  • B: �Bukan kalik..�
  • A: �Ya iyalah, Batman kan superhero anak-anak. Gua waktu kecil nonton kok film kartunnya�
  • B: �Iya, tapi The Dark Knight bukan film anak-anak�
  • A: �Ah.. film anak-anak lah.. Batman ya Batman..�
  • B: �Lu udah nonton?�
  • A: �Belum��

What For?

Pertanyaan yang seharusnya menyelimuti pikiran para fanboy yang mati-matian membela produk yang cintai: "Buat apa?"
Pertanyaan yang seharusnya menyelimuti pikiran para fanboy yang mati-matian membela produk yang dicintai: �Buat apa?�
Pertanyaan terbesar yang cukup bikin JagatPlay  bingung dan sebagian besar dari agan-agan tercinta bertanya-tanya mungkin ada pada motivasi yang ngedorong kenapa seseorang bisa berubah jadi seorang fanboy. Namun penjelasan paling rasional ya mengakar sebagai reaksi defensif kalau platform itu satu-satunya yang ia punya dan bisa ia nikmatin. Hasilnya? Ketakutan bahwa ia jadi gamer �kelas dua�. Platform yang lain enggak boleh lebih bagus, enggak boleh punya game lebih keren, dan hanya platform dia doank yang boleh ngedominasi pasar. Dengan begini, ada kesan bahwa ia berhasil memilih platform yang tepat sebagai gamer, yang berakhir menjadi platform terbaik di pasaran sekarang. Karenanya, dia ngerasa kalau menjadi sebuah kewajiban untuk membela mati-matian satu-satunya platform yang dia punya. Platform yang mewakili identitasnya sendiri sebagai seorang gamer.
Sebenarnya teori ini cukup bisa dibuktikan dengan fakta bahwa hampir sebagian besar gamer yang punya platform lebih dari satu, biasanya tidak berakhir menjadi fanboy. Mereka biasanya punya kesempatan untuk nyicipin semua platform ini dan ngerasaiin sendiri secara faktual, kelemahan dan kelebihan masing-masing. Dengan variasi platform seperti ini, mereka juga enggak ngerasa harus mengidentifikasikan posisinya sebagai seorang gamer pada platform tertentu, sehingga enggak merasa mudah diserang begitu salah satu platformnya diasosiasikan dengan sesuatu yang negatif. Ya kita enggak segila itu buat nyaranin agan-agan buat milikin semua konsol gaming di pasaran atau PC dengan kemampuan luar biasa.Tapi sedikit mengerti, kalau pelan tapi pasti, fanboy itu jadi kondisi psikologis yang mesti diwaspadaiin.
Sekarang bayangkan betapa menyedihkan sebenarnya, kalau agan nyandarin standar bahagia atau tidak pada sebuah benda atau brand, yang sebenarnya enggak punya cukup perhatian buat ngehargaain atau nyadar posisi yang sudah diambil agan sendiri. Menghabiskan waktu yang sebenarnya bisa dipakai buat kegiatan yang jauh lebih produktif buat sekedar menulis kata-kata serangan dan bela di situs media sosial, ngerasa mood harian jadi buruk hanya karena produk dikatain jelek oleh orang lain, atau bahkan ngerasa harus seagresif mungkin nyerang pihak lain karena hal yang beginian doank. Kalau ini nyangkut hajat hidup orang banyak, soal ngebela negara, ngatasin kelaparan di seluruh dunia, atau nemuin obat untuk HIV atau Ebola, ini kondisi mental mungkin akan punya kontribusi positif. Tapi kalau hanya untuk sekedar ngebela brand? Bikin capek.

Lantas, Harus Bagaimana?

fanboy1
Mempertahankan kemampuan berpikiran rasional, itu kuncinya!
Ini mungkin jadi pertanyaan paling mendasar. Mau diperangi seperti apapun, yang namanya bocah kipas, udah pasti muncul dan sulit untuk diberantas. Karena banyak gamer di luar sana yang nge-identifikasiin status mereka hanya berdasar pada satu platform doank, dan itu satu-satunya hal yang bisa ia banggaiin. Mau enggak mau, sikap militan buat mati-matian ngebela identitasnya sebagai seorang gamer pun menguat, melahirkan tingkah laku dan sikap-sikap enggak rasional. Dan itulah kuncinya. Daripada ngerasa rendah diri dan merasa harus bersikap defensif untuk setiap kalimat yang dibaca di dunia maya atau didengar di dunia nyata, otak harus lebih banyak bekerja daripada harga diri.
Bersikap rasional adalah solusi. Menjawab pertanyaan-pertanyaan mungkin aja bisa ngebantu narik para fanboy dari sikap fanatisme berlebihan, yang sebenarnya enggak sehat:
  1. Apa yang sebenarnya mau dicapai?
  2. Worth it atau enggak?
  3. Gua udah pernah nyobaiin konsol / PC yang gua serang?
  4. Gua udah pernah nyobaiin game yang gua serang?
  5. Gua pernah ngerasaiin sendiri, gak?
  6. Gua terdengar konyol, enggak?
Semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini mungkin akan sedikit ngebantu, setidaknya buat micu lebih banyak pertimbangan-pertimbangan berbasis akal sehat sebelum akhirnya ngelempar komentar tertentu soal semua fenomena yang terjadi di industri game. Paling enggak ngebuat agan tampil sebagai seorang gamer yang lebih cerdas dan sehat secara psikis. Karena posisi kita sebagai seorang gamer adalah bermain game, apapun gamenya, apapun platformnya, dan tidak hanya terbatas pada platform tertentu doank. Bukan justru membuat rasa cemas dan takut hanya semata-mata platform game yang kita punya ternyata tidak disukai orang lain. Menjadi kritis itu sesuatu yang esensial, selama rasional.
Terus apa yang mesti agan lakuin buat ngehadapin fanboy? Selama bisa berdebat secara rasional, argumentasi dan fakta yang dilemparin tentu bisa micu diskusi yang sehat dan bikin pengetahuan soal video game makin lebar. Tapi kalau ini fanboy kerjaannya cuman flamming enggak jelas dan enggak ngerti tujuannya apa, pilihan terbaik memang didiemin. Kalau dia sekedar nyari perhatian, paling enggak kita gak ngasih apa yang dia butuhin. Terpancing dan terlibat debat kusir cuman ngelemparin IQ kita di level yang sama.
Gimana dengan agan sendiri? Apakah agan termasuk seorang fanboy atau bukan? Jika iya, mengapa?

0 komentar:

Posting Komentar