Jumat, 20 Maret 2015

GAME JAGOAN: PAYDAY 2


Ada banyak pilihan first-person shooter. Mulai yang bertema perang, hingga perang di luar angkasa. Namun yang menjadikanmu anti-hero, sebagai seorang pencuri, dan membantu menyukseskan aksi pencurian mereka sepertinya hanya dimiliki oleh Payday: The Heist. Dan ide kreatif seperti itu tidak heran datang dari sebuah developer indie. Walaupun sejak tahun lalu, developer Payday, Overkill Software sudah dibeli Starbreeze Studios yang berbasis sama seperti developer tersebut, yaitu Swedia, namun sekuel Payday yang akan segera dirilis 17 Agustus mendatang masih mempertahankan banyak elemen yang membuatnya beda dibandingkan tipikal first-person shooter, sekaligus menjadikan Payday sukses ketika dirilis untuk PlayStation Network dan Windows melalui Steam November 2011 lalu.

Overkill sendiri juga membawa sekuelnya, Payday 2 selama ajang E3 2013 lalu, dan dari sana media bisa mendapatkan lebih banyak impresi dari game yang naik kelas, kini dirilis bukan sekadar sebagai game digital, melainkan juga dijual secara retail (ini hasil dari developer yang mendapatkan �induk� baru, Starbreeze, yang kita kenal melalui Syndicate atau The Darknesssekaligus publisher utama sekuelnya ini, yaitu oleh 505 Games) untuk Xbox 360, PlayStation 3, dan PC.

Dari apa yang mereka tampilkan selama E3, terlihat jika Overkill tidak ingin merubah terlalu banyak formula Payday. Kamu masih mengendalikan seorang karakter, dan tiga orang rekannya, yang bersama secara koperatip dikendalikan pemain lain (atau bisa juga bermain sendiri), berusaha merampok bank. Namun developer menambahkan sedikit elemen baru untuk membuatnya makin dalam, beberapa fitur yang umumnya justru kita temui dalam role-playing game.

Kini job pilihanmu untuk karakter sepenuhnya bergantung pada level karakter, dan kamu bisa memilihnya melalui peta interaktif, dengan opsi Mastermind, Enforcer, Ghost atau Technician. Setiap profesi tersebut memiliki skill dan equipment khas mereka sendiri, dan bisa berkembang dari status preman biasa menjadi pencuri profesional. Kamu juga bisa mengkustomisasi topeng yang dikenakan karakter (penting, mereka kan mau merampok bank!) dan juga senjata pun bisa di-custom. Dan di akhir setiap misi, kamu akan menerima item bonus atau equipment berdasar dari beberapa faktor, seperti seberasa susah tugas pencurian yang kamu lakukan.

Seperti prekuelnya, stealth pun juga disisipkan dalam game ini. Masuk ke dalam bank sambil membawa senjata otomatis bakal memicu alarm berbunyi, dan penjaga pun berdatangan. Walaupun kamu bisa saja menggunakan jalan kekerasan dan memuntahkan peluru, namun seharusnya bisa diminimalkan, karena alarm dan penjaga akan memicu penjaga/polisi berdatangan. Setidaknya dalam setiap misi, caramu untuk masuk dengan mengendap-endah akan berbeda prosesnya.

Hal lain yang diperbarui di sini adalah efek ketika karakter membawa hasil jarahan mereka. Ketika mereka membawa kantong uang, berat kantong tersebut berujung pada pandangan karakter dalam mode first-person, kameranya seakan lebih condong ke bawah sebagai efek berat kantong uang. Kamu juga bisa melemparkan kantong uang itu agar bisa dipungut pemain lain. Selain itu, kini uang yang kamu dapatkan selama menjarah bank tidak akan dinilai sebagai kontribusi experience point. Melainkan kini uang tersebut akan dihitung untuk menambah uang (lebih masuk akal!), dan uang itu yang akan kamu gunakan untuk membeli upgrade karakter dan senjata. Sekaligus item yang mungkin bisa membantu karakter selama aksi penjarahan, seperti untuk membeli akses ke kamera pengintai, atau menyewa sniper yang akan memberimu dukungan dari kejauhan selama kamu masih berada di dalam ruangan.

Baru lagi di sini adalah adalah Crime Net, interface mission baru yang nantinya akan membuka misi perampokan baru, dan itu bergantung pada bagaimana karaktermu menyelesaikan perampokan sebelumnya (karena isi dari misi perampokan itu akan berubah setiap waktu, seperti lokasi musuh, layout tempatnya bahkan event baru). Melalui Crime Net kamu bisa menemukan banyak job baru di banyak lokasi, dan akan berubah pilihannya bergantung pada equipment yang kamu beli

0 komentar:

Posting Komentar