Rabu, 18 Maret 2015

NgeRacau: HAL YANG DIPELAJARI GAMER DARI TAHUN 2014

  
ac unity
Enggak terasa, kita udah memasuki  bulan  kedua di tahun 2015. Tapi seolah susah banget beranjak dari mood liburan, awal tahun ini kagak nawarin apapun yang menarik buat gamer. Hampir sebagian besar game raksasa yang ngeluncur semacam Dying Light, Resident Evil HD Remaster, atau GTA V PC baru bakalan keluar at least di minggu ketiga, yang otomatis ngasih kesempatan buat gamer buat sedikit reflektif buat ngelihatin aktivitas yang udah mereka lakuin di 12 bulan yang lalu. Dan sayangnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, 2014 itu bukan tahun yang sempurna buat gaming. Bahkan bisa dibilang, justru berujung sedikit mengkhawatirkan.
Kalau dilihat dari rangkaian judul baru yang dirilis tahun lalu, 2014 memang seharusnya jadi salah satu tahun terbaik di industri game. Developer udah mulai berfokus ke konsol generasi terbaru dan imbasnya, game-game yang meluncur hadir dengan visual yang luar biasa cakep. Beberapa publisher juga ngeluarin IP-IP baru mereka yang udah ditunggu cukup lama, dengan klaim di sana sini. Namun sayangnya, enggak sedikit yang akhirnya berujung kekecewaan. Terlepas dari semua dinamika yang terjadi tahun lalu, ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita pelajarin di sana. Hal-hal yang seharusnya mulai mempengaruhi sikap kita sebagai gamer, sebagai seorang konsumen yang memang dituntut untuk mulai bersikap dan berpikir lebih pintar.
Intinya, adalah menjadi jauh lebih bijaksana  di tahun 2015 ini. Semacam jadi tamparan keras yang sulit banget buat diabaikan begitu aja kalau tahun 2014 menyimpan banyak pelajaran berharga yang seharusnya bisa ngehindarin kita jadi semacam sumber uang tanpa otak buat para publisher di luar sana, apalagi kalau Anda termasuk gamer yang mulai nabung mati-matian buat ngebeli game-game original. Gua yakin, tahun 2014 udah bikin sebagian besar dari kita jadi seorang gamer yang�.

Lebih Kritis Soal Hype


Gamer mana sih yang kagak bakalan nunggu Watch Dogs dan Destiny di tahun 2014 kemarin? Udah cukup lama dikenalin, ini dua nama selalu disebut-sebut bakalan tampil sebagai game generasi terbaru yang enggak cuman cakep secara visual, tapi hadir dengan ekstra konten yang ngasih pengalaman yang belum ada sebelumnya. Watch Dogs datang sebagai game open-world dengan tema hacking. Jadi seorang peretas yang juga bisa beraksi layaknya tokoh protagonis klise di film-film, Watch Dogs diharepin bisa nawarin sebuah konsep game yang baru. Di saat yang sama, Destiny juga begitu. Untuk sebuah game yang diklaim memakan uang pengembangan paling tinggi sepanjang masa � atau sekitar USD 500 juta, kita sebagai gamer tentu berharap lebih. Apalagi si Activision sempat gembar-gembor kalau Destiny bakalan jadi sebuah kontrak franchise 10 tahun. Hype udah terbangun, iler udah jatuh ke lantai, dan mata udah enggak bisa lagi beranjak ke game lain. Hasilnya? Jijik.
Apa yang bisa dipelajarin dari kasus Watch Dogs dan Destiny ini? Kesadaran bahwa video game itu sebuah bisnis yang didesain buat satu tujuan utama � ngejar keuntungan, dan gamer adalah gudang uang yang jadi target utama ini bisnis. Seperti halnya sebuah produk minuman kesehatan, klinik kesehatan ajaib, atau  bahkan celana dalam pria, publisher game dituntut buat nempuh proses marketing yang efektif buat mastiin kita � sebagai gamer, jatuh hati sejak pandangan pertama. Semua janji digembar-gemborkan sejak awal. Trailer diracik biar tampil dengan visual secakep mungkin, konten disebut-sebut bakalan beda, dan semua kata-kata manis dilemparin sejak trailer pengenalan dan screenshot perdana. Pada intinya, industri game gak beda sama tukang obat tepi jalan yang teriak-teriak kalau ramuan racikannya dalam botol kecil itu bisa nyembuhin berbagai penyakit, tapi ditempuh dengan sistem yang lebih elegan dan mahal tentunya. �Boleh bang, mbak, gamenya�.�, kalau bisa disamaiin.

Ngerti Kalau Raksasa Bukan Berarti Sempurna

Lahir dari nama besar publisher enggak jadi indikator pasti kalau produk yang keluar bakalan oke punya. Bisa jadi, sebaliknya.
Lahir dari nama besar publisher enggak jadi indikator pasti kalau produk yang keluar bakalan oke punya. Bisa jadi, sebaliknya.
�Raksasa bukan berarti sempurna.. Lu habis nyimeng ya, Plad?�. Oke sabar, sebelum gua dituduh yang macem-macem, ada yang mesti gua jelasin di sini. Ini buat ngungkapin aja kalau ternyata developer dan publisher yang selama ini dikenal �raksasa� dengan budget yang hampir enggak ada batasnya bisa jadi indikator kalau produk yang mereka racik ternyata akan berujung jadi game keren yang lu mau. Tahun 2014 udah sangat ngebuktiin kalau nama besar macam Ubisoft dan Activision justru �f*ck up� dengan franchise-franchise yang seharusnya udah jadi kekuatan utama mereka, semata-mata karena satu hal � serakah. Memang terlihat ada usaha buat berbenah diri dan minta maaf soal kesalahan apa yang udah mereka buat, tapi kelihatan banget sekedar kosmetik. Assassin�s Creed Unity dan Destiny adalah dua alasan kenapa kita enggak bisa sekedar percaya aja soal nama besar publisher. Dan ini sebuah tren yang juga mesti diperhatiin di tahun 2015 ini.
Beda cerita mungkin kalau kita ngebicaraiin nama besar kayak Rockstar atau Naughty Dog yang sejauh ini track record nya udah jelas dan enggak pernah ngecewaiin sama sekali. Namun untuk game-game yang keluar dari nama seperti Sega, Activision, Ubisoft, atau Gearbox, misalnya, harus ada sikap mental buat enggak ngasih ekspektasi yang berlebihan kalau enggak mau kecewa. Ini juga jadi semacam peringatan untuk ngasih perhatian lebih justru ke developer-developer kecil yang mungkin enggak pernah punya kesempatan dapat spotlight, terutama mereka yang berada di jalur indie. Percaya mati sama publisher raksasa? Jangan sampai semua iler yang udah jatuh berujung jadi air mata penyesalan. Halah, gimana ceritanya coba..

Lebih Cerdas Soal Pre-Order


Pernah denger soal ungkapan �Vote with Your Wallet� sebagai reaksi atas banyak janji palsu industri game di dunia maya? Bukan, bukan, artinya bukan �Dilarang Merokok�, tetapi semacam ajakan buat kita sebagai gamer untuk mulai bereaksi pada setiap kebijakan publisher dan developer game yang ada dengan kekuatan terbesar kita sebagai konsumen, dompet. Daripada ngeluh setengah mati di dunia maya, forum, atau situs komunitas di sana-sini dan dikacangin begitu aja, gamer sebenarnya punya cara buat ngasih impact dan ngehasilin kebijakan yang jadi favorit untuk kepentingan bersama. Kalau prajurit punya senapan mesin atau wartawa punya pena, kita sebagai gamer punya dompet. Bukan, bukan.. Bukan buat diisi batu atau molotov mini terus dilempar ke muka developer, tapi sebagai ujung tombak buat nge-vote apa yang kita suka dan endak. Developer ini punya game keren? Beli. Developer ini ngeluarin game sampah? Tinggalin.
Dan ini cara efektif otomatis langsung hangus dan gak guna selama yang namanya proses �Pre-Order� merajalela di industri game. Banyak gamer yang masih kemakan hype, takut kehabisan game yang udah dia favoritin, langsung ngeluarin duit buat pre-order sebuah game yang bahkan belum selesai, dan tinggal nunggu itu game sampai ke rumah. Hasilnya? Publisher bahkan udah punya angka potensial penjualan di tangan jauh sebelum gamenya selesai. Terus, ngapain dia mesti nyelesaiin gamenya dengan maksimal toh? Banyak gamer udah beli, banyak gamer mau enggak mau harus download patch pertama yang isinya bisa bergiga-giga, banyak gamer yang uangnya udah di tangan walaupun pada akhirnya mereka harus kecewa. Bakalan jauh lebih cerdas jika gamer beli game setelah memang sudah yakin dengan kualitasnya. Hasilnya? Game yang jelek bakalan gak punya pasar dan begitu juga sebaliknya. Otomatis ngedorong developer mau enggak mau, tunduk sama apa yang dimau pasar � sebuah game yang memang udah rampung dan maksimal kualitasnya.
Hype dan pre-order mulai berubah jadi pedang bermata dua yang cukup mengkhawatirkan di masa depan. Udah gak ada bedanya beli kucing dalam karung.. itupun kalau dapatnya memang kucing.

Enggak Percaya sama Trailer �Gameplay�

Mengikuti dua poin di atas yang udah kita obrolin, developer juga biasanya punya banyak cara efektif buat ngebangun hype dan salah satunya mengakar di rangkaian trailer dan screenshot yang dia rilis. Gimana enggak excited ngelihat sebuah game kalau trailer yang diklaim mencerminkan �gameplay� ternyata memang hadir dengan rangkaian aksi epik, musik keren, dan yang pastinya � visual yang realistis abis. Kalau ada satu hal yang bisa dipelajarin dari tahun 2014 silam, semua trailer ini memang bisa dipakai buat ngasih sedikit gambaran soal game. Tapi buat dipercaya mentah-mentah? Bakalan jadi sesuatu yang bodoh banget.
Yang namanya ngejual ya sudah pasti harus mastiin kalau barang dagangannya dihias dengan tampilan sebaik mungkin, biar at least bikin banyak mata calon konsumen memandang. Hal yang sama juga ditempuh di industri game. Sebagian besar trailer �gameplay� ini didesain sebagai bahan jualan dan sudah seharusnya, diperlakukan dengan sikap yang sama. Developer biasanya ngeracik mati-matian ini trailer dengan skenario gerakan yang mantap dalam runtut yang bikin atmosfer berasa lebih epik, dengan rig PC super kuat buat mastiin visual berjalan di setting yang lebih optimal, bahkan jauh lebih cakep daripada versi komersialnya nanti. Ini semua trailer memang bakalan bikin adrenalin lu terpompa kencang atau bahkan bulu kuduk merinding. Tapi apakah produk akhirnya bakalan sama? Sangat diragukan. Entar pasti ketemu sama yang visualnya diturunin lah, gameplay ternyata beda lah, musik yang dipakai ternyata enggak masuk game lah, atau cutscene cerita yang ternyata dipotong di produk akhir.
Ini masalah bahkan lebih kentara lagi kalau kita ngebahas konsol generasi terbaru. Seperti yang kita tahu, semua game udah pasti diracik pakai PC dan developer terkadang make settingan PC tersebut buat �ngejual� versi konsolnya. Tinggal ubah layout kontroler, dan dibikin seolah-olah game yang tengah lu lihat itu berasal dari versi Playstation 4 atau Xbox One-nya. Jadi semacam PHP, ini juga jadi modus yang beneran kudu diwaspadaiin. Jangan sampai tertipu dan bingung waktu ngeliatin game yang lagi diaminin di konsol ternyata enggak secakep yang selama ini dikasih lihat developer.

Enggak Percaya Sama Tanggal Rilis

half life 3
Kalau ada satu hal yang bisa dipelajarin dari tahun 2014 silam, kalau sekarang tanggal rilis udah beneran enggak ada maknanya lagi. Dari begitu banyak game raksasa yang sempat direncanaiin buat dirilis tahun lalu, beneran cuman dikit doank yang memang akhirnya bisa menuhin itu target. Selebihnya? Masuk ke dalam daftar delay, dan akhirnya kelempar di tahun 2015 ini. Agak miris sih sebenarnya ngelihatin banyak game yang kita tunggu di tahun 2015 ini ternyata berasal dari game-game yang seharusnya udah kita nikmatin dari tahun 2014 kemarin. Dying Light, The Order 1886, The Witcher 3, Battlefield Hardline, Batman: Arkham Knight, sampai Mad Max. Jadi apa yang bisa kita pelajarin di tahun 2015 ini? Terlepas dari semua game yang udah diumumin dari jauh hari, semua tanggal rilis masih bisa berubah.
Game-game apa aja yang gua pribadi ragu bakalan keluar tahun ini? Satu yang paling ngeraguin udah pasti The Division. Untuk sebuah game yang dikembangin pakai engine original mereka sendiri yang dibangun dari awal � Snowdrop Engine, agak meragukan bahwa semua mekanik gameplay sekompleks yang mereka gembar-gemborkan akan bisa rampung hanya dalam 2-3 tahun terakhir ini. Dengan minimnya informasi yang diluncurin selama tahun 2014 kemarin, persentasenya gede banget kalau The Division baru akan bisa kita nikmatin tahun 2016 atau bahkan � 2017 entar. Game-game lain yang udah sempat diumumin tanggal rilisnya juga masih punya chance besar buat ditendang kesana kemarin tergantung kebutuhan publisher. Memang butuh kesabaran ekstra buat jadi gamer di saat sekarang ini, apalagi dengan publisher yang semakin seenak jidat.

Mulai Nabung buat PC Lebih Imba

pc gaming
Menangis atau tertawa, gamer PC di tahun 2014 kayaknya harus berhadapan sama dilema tersendiri. Tertawa bahagia tentu sudah pasti, apalagi ngelihat banyak game-game eksklusif konsol di masa lalu yang akhirnya mampir di platform ini. Tapi lebih bahagia lagi nemuin banyak game-game racikan terbaru sekarang udah enggak menahan diri buat tampil habis-habisan. Beda dengan era Xbox 360 dan Playstation 3 dimana developer kudu batasin tampilan visual atau konten buat mastiin itu game bisa jalan di platform yang usianya udah usang, tahun 2014 bisa dibilang jadi permulaan untuk mulai lompat ke generasi terbaru dengan game-game yang visualnya memang cakep abis. Menangis? Karena buat mastiin itu pengalaman maksimal, ada pengorbanan yang harus ditempuh. Pengorbanan buat mastiin rig yang dimiliki memang mampu ngejalanin setiap game yang keluar.
RAM 8 GB, HDD 50 GB, permintaan prosesor dan GPU yang makin tinggi, gamer PC enggak punya lagi pilihan lain � selain nabung dan mulai upgrade rig andalan mereka tahun ini, apalagi yang sudah bertahan at least 2-3 tahun yang  lalu. Tahun 2015 bakalan lebih gila, dengan jumlah game yang butuh requirements tinggi yang makin merajalela. Sebuah PC dengan spesifikasi dan performa yang imbalance  jadi sesuatu yang harus ada. Berita yang lebih buruk lagi? Terlepas dari semua rilis multiplatform yang kini udah pasti ada nama �PC� di dalamnya, enggak bisa dipastikan juga berapa banyak publisher yang memang mati-matian berjuang buat mastiiin versi PC-nya hadir dengan optimasi terbaik. Game dengan konsep open world, lebih banyak AI, engine cakep jadi rintangan yang kudu dilompatin sama gamer PC. Jangan sampai tahun 2015 yang seharusnya fun ini justru lebih banyak dihiasi dengan aksi meratapi nasib. Enggak muak main game di setting mentok kiri?

Pertimbangin versi Original

dragon age
Oke, kita enggak mau jadi orang sok suci yang nyalahin pembajakan dan menyanjung kelompok game original setinggi-tingginya. Gua sangat mengerti kalau ada banyak faktor yang akhirnya membuat kita enggak bisa nikmati game original dan �terpaksa� ngebajak. Namun kalau ada satu hal yang perlu diperhatiin oleh gamer bajakan, adalah kebutuhan untuk mulai ngebiasaiin diri buat at least nabung dan ngumpulin budget tertentu untuk game-game original di tahun 2015. Apa pasal? Karena developer dan publisher sendiri enggak tinggal diam dan mereka akan berusaha buat mastiin kita semua buat beli game original. Dua yang cukup efektif? Multiplayer based gameplay dan tentu saja, sistem anti bajakan yang baru.
Tahun 2014 kemarin jadi tahun yang unik buat game-game yang ngejadiin multiplayer online sebagai basis gameplay. Game-game kayak Destiny, Titanfall, dan The Crew enggak ngasih opsi apapun untuk bisa dinikmatin pakai versi bajakan dan mastiin kalau satu-satunya cara buat maininin ini game adalah dengan beli versi originalnya. Di tahun 2015 juga enggak beda. Game-game macam Evolve, Rainbow Six: Siege, ama The Division cuman sedikit dari beberapa proyek yang ngeharusin versi originalnya buat dimainin.
Akan ada banyak developer yang nempuh cara serupa di masa depan karena efektivitasnya yang memang enggak bisa dipungkirin. Salah satu metode lain udah pasti ngelahirin sistem anti-bajakan yang lebih efektif. Oke, sistem anti bajakan udah pasti bobol, karena kerja sebuah korporat udah pasti enggak bisa ngalahin otak kerja komunal yang semuanya berjuang buat mecahin celah keamanan yang ada. Tapi satu hal, enggak ada yang bisa mastiin kalau sistem anti bajakan ala Denuvo di 2015 mendatang enggak akan datang dengan sistem proteksi yang lebih sempurna dan makin susah dibobol. Kalau enggak berkeberatan untuk nunggu 3-6 bulan setelah rilis untuk nikmatin sebuah game sih gara-gara bajakan sih silakan-silakan aja. Tapi buat yang benci spoiler dan pengen mainin game secepat mungkin, mulai nabung. Kalau kata lagu anak-anak sih, �Bambingbung yok kita nabung.. Tangtingtung yok kita nyolong..� Eh�

Dan�

2015!!
2015!!
Enggak ada yang lebih gua harapin pribadi di tahun 2015 ini selain nemuin iklim industri game yang jauh lebih sehat dan mudah dipercaya, terutama dari kacamata kita � gamer sebagai calon konsumen utama. Agak menyedihkan kalau di tahun 2014 kemarin kita dibombardir dengan satu kebohongan ke kebohongan lain, yang semuanya menghasilkan kekecewaan. Tapi harus diingat, kita bukan kedelai..eh keledai..eh kedelai..eh keledai.. pokoknya itulah, yang bisa jatuh ke lubang yang sama dua kali. Kita adalah manusia yang seharusnya bisa belajar banyak dari kesalahan dan tumbuh bijaksana dari sana. Kita adalah konsumen, kita adalah raja. Kita yang punya suara paling lantang untuk menentukan arah industri game bergerak lewat dompet kita sebagai ujung tombak. Kita yang menentukan kebijakan dan langkah seperti apa yang kita mau terus ada di industri game, dan mana pula yang kita harap tidak pernah lagi menampakkan dirinya di masa depan. Tidak ada saat yang lebih tepat untuk memulai, selain tahun 2015 ini.
Kita bakalan masih banyak ketemu dengan game-game overhype, gamer-gamer yang masih gencar buat ngelakuin proses pre-order, gamer-gamer bajakan yang mesti terus nanya di internet �Kok Evolve bajakan belum keluar sih min?�, dan gamer PC yang masih harus terus meratap dengan setting mentok kiri di framerate bawah 30. Namun semuanya sangat bergantung pada seberapa signifikan kita berubah. Tidak harus dari keseluruhan gamer, tidak harus dari identitas kita sebagai komunitas, tetapi dari kita pribadi secara individu. Sebuah proses yang mesti kita semua jalanin di tahun ini.
 

0 komentar:

Posting Komentar